Selasa, 14 Maret 2017

Materi IPA Kelas 5 Semester II : PENGUNGKIT/TUAS

Pesawat adalah alat-alat yang dapat mempermudah pekerjaan manusia. Kita mememerlukan gaya untuk melakukan berbagai pekerjaan. Gaya ini dilakukan oleh otot. Kekuatan otot manusia terbatas. Tentu kita pernah menemui kesulitan pada saat melakukan suatu pekerjaan, misalnya pada saat membuka tutup botol, memanjat pohon, menimba air, dan memindahkan barang berat. Oleh karena itu kita memerlukan alat untuk mempermudah pekerjaan tersebut. Untuk mempermudah pekerjaan kita dapat menggunakan pesawat. Pesawat dapat memperkecil gaya yang kita keluarkan.
Pesawat terdiri dari pesawat rumit dan pesawat sederhana. Pesawat sederhana  adalah alat-alat sederhana yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan atau mempermudah melakukan usaha. Pesawat rumit tersusun atas pesawat-pesawat sederhana. Pengungkit atau tuas adalah salah satu jenis pesawat sederhana.
Di bawah ini adalah gambar contoh pengungkit/tuas dan bagian-bagiannya:
 
Sumber : http://kereta-sains.blogspot.co.id/2012/03/pesawat-sederhana-tuas-dan-bidang.html

Di sekitar kita banyak peralatan yang menggunakan prinsip kerja pengungkit. Contoh alat-alat yang menggunakan prinsip kerja pengungkit misalnya adalah gunting, alat pemotong kuku, dan alat pembuka tutup botol.
Berdasarkan letak beban, kuasa, dan titik tumpunya, pengungkit dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu :
a.      Pengungkit Golongan I
b.     Pengungkit Golongan II
c.      Pengungkit Golongan III
Kita akan mempelajari masing-masing golongan pengungkit di atas, beserta contoh-contoh alat yang menggunakan prinsip kerja masing-masing golongan pengungkit tersebut.

a.      Pengungkit Golongan I
Pengungkit atau tuas golongan I adalah pengungkit dengan posisi titik tumpu berada di antara beban dan kuasa. Jika kita akan mencabut paku yang ada di tembok, alat apa yang kita perlukan ? Paku pasti sulit dicabut hanya dengan tangan. Selain membutuhkan tenaga yang kuat, sebatang paku yang kecil tentu sulit untuk dipegang saat mencabutnya. Oleh karena itu kita memerlukan palu yang dilengkapi penjepit paku (catut). Selain catut, banyak alat-alat rumah tangga yang sangat membantu pmemudahkan pekerjaan kita. Perhatikan gambar alat-alat yang biasa kita gunakan sehari-hari di bawah ini.
Sumber : http://mediapedi.blogspot.co.id/2016/01/media-pembelajaran-pesawat-sederhana-sains-ipa.html

Semua alat pada gambar di atas, posisi titik tumpunya terletak di antara beban dan kuasa. Oleh karena itu alat-alat tersebut termasuk pengungkit golongan I.

a.      Pengungkit Golongan II
Pada pengungkit golongan II, beban terletak di antara titik tumpu dan kuasa. Perhatikan gambar di bawah ini :
 
         Sumber : https://image.slidesharecdn.com/pesawatsederhana

Kereta sorong, pembuka kaleng, dan pemotong kertas merupakan alat-alat yang menggunakan prinsip kerja pengungkit golongan II. Kereta sorong banyak digunakan oleh pekerja bangunan untuk mengangkut pasir atau material lain. Kereta sorong dapat membawa barang-barang yang berat dengan cepat dan mudah serta tenaga yang sedikit.
Beberapa jenis kaleng sangat sulit dibuka dengan tangan. Namun dengan alat pembuka kaleng, kaleng tersebut sangat mudah dibuka tanpa melukai tangan.
Alat pemotong kerta sering digunakan di tempat foto copy maupun percetakan. Alat ini akan memudahkan kita untuk memotong kertas dalam jumlah yang banyak, tanpa tenaga yang terlalu besar sehingga memudahkan kita dalam bekerja.

a.      Pengungkit Golongan III
Pada pengungkit golongan III, kuasa terletak di antara beban dan titik tumpu. Gambar di bawah ini akan memperjelas pengungkit golongan III tersebut.
  
Sumber : https://image.slidesharecdn.com/pesawatsederhana-140122203053-phpapp01/95/pesawat-sederhana-9-638.jpg?cb=1390422702

Stepler, pinset, cangkul, dan sekop, menggunakan prinsip kerja pengungkit golongan III. Perhatikan letak kuasa, beban, dan titik tumpunya. Coba tunjukkan letak kuasa, beban, dan titik tumpu pada saat kamu menyapu.
Apakah kamu telah memahami tentang prinsip kerja pengungkit? 

Untuk memantapkan pemahamanmu, silahkan lihat video di bawah ini:
Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=Qph_iQCuswE
Dan bagi kamu yang membutuhkan materi dalam bentuk powerpoint, silahkan download filenya pada link di bawah ini:


Untuk menguji pemahamanmu tentang pengungkit/tuas, kerjakan soal latihan di bawah ini dengan mengklik link ProProfs-Soal Latihan !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar